Monique Rijkers Aktivis Pro Israel Ikut Memperingati 1 Syuro 1445 H di Al-Zaytun

DoetaNewsTV | Indramayu—Monique Rijkers menyatakan dalam sambutannya pada Peringatan 1 Syuro 1445 Hijriah di Ma’had Al-Zaytun, Rabu (19/07/2023) bahwa Syaykh Abdussalam Rasyidi Panji Gumilang adalah Kores Agung.

Kores Agung adalah Raja Iran yang berkuasa sampai tahun 530 SM. Sebelum menjadi Raja Iran, Kores adalah Raja Persia, sebuah kawasan di Iran bagian selatan, sehingga negaranya juga disebut Kekaisaran Persia oleh bangsa non-Iran.

Kores Agung menghormati adat istiadat dan agama di tanah yang dia taklukkan. Kores terkenal karena capaiannya dalam hak asasi manusia, politik, dan strategi militer, serta pengaruhnya terhadap peradaban Timur dan Barat.

Bacaan Lainnya

Kores juga disebut dalam Taurat (kitab suci Yahudi) dan Alkitab (kitab suci Nasrani) terkait titahnya mengembalikan orang-orang buangan, termasuk bangsa Yahudi, kembali ke Tanah Air mereka masing-masing. Selain itu, Kores juga mengizinkan bangsa Yahudi membangun kembali Bait Suci di Yerusalem.

Titah Kores itu ditulis dalam Tabung Kores pada tahun 539 SM. Saat ini Tabung Kores disimpan di British Museum, London. Sebagian ulama Muslim modern berpendapat bahwa Kores adalah sosok Zulkarnain yang disebut dalam Al-Qur’an (kitab suci Islam).

Pos terkait